erniraster

the way to share my soul

Kejutan berikutnya..

Leave a comment

Sambil tersenyum lebar dan mengangkat kedua bahunya anak muda berkulit eksotis itu membuka pembicaraan tepat di tengah halaman parkir Perpustakaan yang rindang.

“Saya tidak tahu harus memberi nama apa untuk hari ini”.

Temannya menjawab, “perlukah?”

“Mungkin kali ini perlu”

“Oke, tarik nafas dan ceritakan”.

“Dijaman seperti ini masih ada kebaikan. Saya pikir, hal kebaikan itu sudah semakin langka dari hari ke hari. Lewat kejadian ini, saya masih percaya, orang jahat itu ada, tapi juga orang baik jauh melebihi jumlahnya, karena selama masih ada kehidupan, kebaikan selalu ada”.

Temannya semakin bingung. Tapi tetap tenang menunggu apa yang akan didengar selanjutnya.

“Hari ini seseorang telah menunjukkan bahwa hal kebaikan adalah berhubungan dengan karakter. Seseorang yang telah menanam karakter baik dan positif dalam dirinya, dalam kesempatan apapun, akan tetap berbuat baik”.

“maksudnya?”

“seorang tukang batu menemukan kembali dompetnya yang hilang beberapa hari lalu. Isinya adalah surat-surat penting, uang 1300 rupiah di sisi dompet bagian depan dan 1.4 juta yang disimpan khusus karena dilipat rapih dan dimasukkan dalam (sampul) STNK. Siapapun pengguna dompet tahu maknanya. Uang dengan tempat khusus seperti itu, entah diperoleh dengan cara yang tidak mudah atau disimpan untuk keperluan penting atau akan diberikan kepada siapa. Entahlah, yang pasti ketika dia ikhlas melepas rejekinya yang entah diperoleh setelah bekerja sehari, seminggu atau sebulan bahkan berbulan-bulan, untuk orang lain, justru rejekinya yang tidak rela meninggalkan tuannya. Sesuatu yang diperoleh dengan kerja keras dan kejujuran, buahnya tak akan lari jauh”.

Seseorang yang menemukan dompet yang tergeletak rapih di jalan itu, dengan “caraNYa” menemukan si pemilik dompet yang seorang tukang batu dan mengembalikannya. Ini sederhana, tapi juga tidak terduga.

Temannya terdiam lama. Entahlah apa yang dipikirkan. Masih juga terdiam. Sambil kemudian berjalan mendekat, dan bersuara: “Selama ada Tuhan, akan tetap ada kebaikan. Hanya saja terkadang manusia sering menyangkal kehadiranNya”

Hm…mungkin judul yang tepat untuk hari ini, “Selama ada Tuhan, akan tetap ada kebaikan.”

Leave a comment